Rabu, 14 November 2012


MEMBINA PRESTASI EKSTRAKURIKULER
DI SMAN 1 PEUKAN BADA
Oleh: Muhammad Yani, S. Pd,I, M. Ag*

SMAN 1 Peukan Bada sejak dari tahun 2007 hingga sekarang telah menyandang status sebagai salah satu sekolah model di Indonesia yaitu Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal (PBKL) sebagaimana SK dari Direktorat Pembinaan SMA Kemdikbud RI, selain melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kurikuler dalam Standar Isi Nasional, sekolah ini juga sangat memperhatikan terhadap pengembangan kegiatan peserta didik karena sekolah pada dasarnya mempunyai tanggung jawab dalam mengembangkan potensi yang dimiliki peserta didik. Dan salah satu cara yang dapat dilakukan sekolah dalam mengembangkan potensi peserta didik adalah melalui kegiatan ekstrakurikuler.
Kegiatan ekstrakurikuler (eskul) menjadi bagian terpenting dalam upaya mengembangkan kreativitas peserta didik. Karena itu, SMAN 1 Peukan Bada tak ketinggalan membentuk berbagai kelompok eskul bagi mereka. Saat ini, di SMAN 1 Peukan Bada di bawah kepemimpinan Ibu Dra. Delia Rawanita, M. Pd yang merupakan kepala sekolah berprestasi tingkat Provinsi Aceh pada tahun 2008, bahwa dalam upaya meningkatkan kreativitas siswa dan prestasi sekolah digalakkan sejumlah kelompok eskul seperti Olimpiade Club, Drumband, Tari, Pramuka, Bola Voly, Bola Kaki, Badminton, Seni Keagamaan, Karya Ilmiah Remaja (KIR) dan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) serta Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK) Bungoeng Keupula. Ekskul ini bahkan dinilai sangat potensial untuk menciptakan peserta didik yang kreatif, berinovasi, trampil, dan berprestasi.
Dari sejumlah kegiatan tersebut, berkat dukungan dan bimbingan guru serta kekompakan pengurus OSIS dan Pembina OSIS sejak beberapa tahun terakhir ini, Alhamdulillah pada umumnya sudah menampakkan hasil prestasi yang gemilang baik ditingkat Kabupaten, Provinsi dan juga pada level tingkat Nasional.
            Sejak dua tahun terakhir ini beberapa prestasi pada masing level lomba sebagai berikut:
            Tingkat Kabupaten seperti Olimpiade, juara 1, 2, dan 3 pada beberapa mata pelajaran dan cabang olah raga yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh Besar, Juara 3 dan 2 Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) tahun 2011 dan 2012; Drumband Juara 1 tahun 2011, juara 3 tahun 2012, Bola Kaki juara 1 tahun 2011; Juara 1 Musikalisasi Puisi tahun 2012, Seni keagamaan juara umum PAI tahun 2011, juara 2 MTQ se Aceh Besar dan Banda Aceh di MAS Ruhul Islam Tahun 2012 ; LKIR Juara 1 Poster tahun 2012. Juara 1 Sekolah ramah lingkungan Tahun 2011 ; Juara 1 dan 2 PIK Remaja tahun 2011 dan 2012.
Prestasi ditingkat Provinsi antara lain: Drumband Juara Umum tahun 2012 ; Juara 1 dan 2 pada Lomba Poster, dari tahun 2011 dan 2012; Juara 2 PIK Remaja tahun 2011. Juara 1 Lomba Pembuatan Filem Audio Visual Penggalian sejarah Akar Budaya Daerah Tahun 2012, (Saat ini sedang menyiapkan berkas mewakili Aceh dalam lomba yang sama untuk Tingkat Nasional)
Untuk level Nasional Juara 1 salam Nusantara dalam Gabyar Apresiasi Karakter Siswa Indonesia (G-AKSI) tahun 2010 dan Juara Umum G-AKSI Tahun 2011.
Sejumlah prestasi telah diraih peserta didik SMAN 1 Peukan Bada diberbagai lomba sebagaimana di atas. Kami dari Pembina OSIS terutama sekali akan terus berupaya menyalurkan minat dan bakat siswa, agar mereka lebih kreatif di bidang yang disukainya. Kerja sama dengan guru, pengurus sekolah dan semua pihak akan mendorong kemajuan SMA satu-satunya di Kecamatan Peukan Bada ini. Apalagi didukung oleh sarana dan prasarana sekolah yang memadai, kemampuan atau kompetensi guru yang bagus, mengingat setiap tahunnya ada beberapa diantara guru selalu diundang pelatihan dan workshop ke Jakarta, bahkan sudah 6 (enam) orang guru pernah menimba ilmu pada pelatihan/workshop di luar Negeri, seperti di Negara Jerman dan Malaysia.
Para guru terus berkarya dalam mendidik generasi bangsa serta pembinaan melalui ekstrakurikuler. Satu harapan, peserta didik bisa berprestasi, berguna bagi bangsa dan agama. Kebijakan ini dilakukan dengan tujuan supaya peserta didik maksimal mengikuti kegiatan ekskul sesuai dengan bakat dan minatnya. Dengan demikian diharapkan akan melahirkan peserta didik yang berprestasi dan sanggup bersaing dalam setiap perlombaan mau pun untuk masa depannya.

*BIODATA
Nama               : Muhammad Yani, S. Pd.I, M. Ag
Nip                  : 19810721 200604 1 016
Jabatan                        : Pembina OSIS
Organisasi       : 1. Sekretaris MGMP PAI SMA/SMK Kab. Aceh Besar
                          2. Sekretaris Umum DPW AGPAII Aceh
                          3. Ketua MGMP PAI SMA Provinsi Aceh
Prestasi            : Juara 1 Lomba Inovasi Pembelajaran PAI SMA Tingkat Provinsi
                         Tahun 2009, 2010, 2011.
                          Finalis Lomba Inovasi Pembelajaran PAI SMA Tingkat Nasional
                         Tahun 2009, 2010, 2011                   
E-mail              : muhdya@gmail.com
Bloger             : muhammadyanimag.blogspot.com


Tidak ada komentar: